Friday, 24. May 2019Login | Forgot password |
Jalan Layang, Kegagalan Pemprov DKI Atasi Macet
News

Jakarta - Pemprov DKI Jakarta dinilai gagal menjalankan 17 butir rencana aksi penanganan kemacetan lalu lintas di ibu kota. Menurut pengamat kebijakan publik dan transportasi, Agus Pambagio, penilaian itu sudah sangat obyektif mengingat kemacetan di Jakarta justru semakin menggila akibat adanya pembangunan infrastruktur seperti jalan layang non tol (JLNT).

"Penilaian gagal untuk Pemprov itu saya rasa sudah sangat obyektif, ya. Itu penilaian yang pantas diberikan untuk Pemprov DKI. Karena yang terjadi bukan perbaikan, tapi malah membangun infrastruktur yang belum tentu bisa mengurangi kemacetan," ujar Agus Pambagio saat berbincang dengan detikcom, Jumat (10/6/2011).

Pambagio menjelaskan, pembangunan beberapa jalan layang yang saat ini tengah dikerjakan pemerintah hanya akan menambah titik-titik kemacetan di Jakarta. Karena, ke depannya di kawasan itu pasti akan beralih fungsi menjadi daerah komersil.

"Lihat saja nanti, di tiap-tiap pembangunan itu pasti akan tumbuh kawasan bisnis. Karena tambah jalan maka akan bertambah pula volume kendaraan," katanya.

Agus menawarkan solusi paling mudah dan hemat biaya yang bisa dilakukan pemerintah dalam rangka mengurangi kemacetan. Solusi itu tidak lain dengan memberdayakan angkutan massal dengan optimal.

"Jadi, pembangunan jalan-jalan itu bukan solusi mengurangi macet," kritiknya.

Agus mencontohkan bus TransJakarta sebagai angkutan massal yang masih dimungkinkan dioptimalkan. Dia menyarakan, dari pada terus membangun koridor baru tapi ketersediaan bus terbatas, ada baiknya pemerintah memfokuskan pengembangan koridor yaitu koridor I, VI dan X, karena tiga koridor ini saling bersinggungan dengan kawasan segi tiga emas.

"Jadi caranya, bus-bus yang ada saat ini ditarik ke kedua koridor itu. Dan untuk yang lain dibiarkan kosong dulu, nanti kalau sudah ada penambahan lagi baru dikembangkan ke koridor lainnya. Karena dengan jumlah bus yang hanya 500-an itu harus dibagi ke 10 koridor tentu tidak akan cukup. Belum lagi kalau ada yang rusak," bebernya.

Selain itu, dititik koridor pemerintah disarankan membangun park and ride yang nyaman. Dengan begitu, masyarakat akan coba beralih ke angkutan umum.

Ketua Koordinasi Transportasi Jabodetabek, Kuntoro Mangkusubroto, mengaku sangat kecewa karena 17 butir rencana aksi penanganan kemacetan lalu lintas gagal dijalankan dengan baik oleh Pemprov DKI.

"Dari hasil evaluasiFebruari 2011, Pemprov DKI menduduki posisi nomor satu dalam hal jumlah renaksi (rencana aksi) yang mengecewakan. Terlihat Pemprov DKI Jakarta mendapat nilai merah 12," ujar Kuntoro Mangkusubroto, unsur Dewan Transportasi Kota Jakarta yang bertajuk 'Apa Kabar 17 Langkah Penyelesaian Kemacetan Kota Jakarta'. Acara berlangsung di hotel Menara Peninsula, Jl Letjend S Parman, Jakarta, Kamis (9/6/2011).

"Maaf kalau hasil dari evaluasi ini tajam karena saya hanya berusaha menajamkan hal-hal yang perlu ditajamkan dan bukan untuk mengaburkan," tegas Kuntoro.


(lia/irw)

Comments
No Comments have been Posted.
Post Comment
Please Login to Post a Comment.
Ratings
Rating is available to Members only.

Please login or register to vote.

No Ratings have been Posted.
Menu Utama
Berita Terpilih
Isran Noor: Apkasi dukung pemindahan ibukota

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Belum Terbuka

Tingkatkan Infrastruktur di Luar Pulau Jawa

Seminar "Mewujudkn Pertumbuhan yang Berkeadilan dan Berkelanjutan"

Partai Jangan Jadi Persewaan Mobil

Atasi Kesenjangan Pendapatan, Pemerintah Dorong Pertanian, Industri

Cagub yang Kalah Harus Legowo

Air Bersih PR Gubernur

Kanal Banjir Timur, 2,7 Juta Warga Jakarta Terhindar Banjir

Jokowi Berpeluang ke DKI ‘Naik’ Esemka

Kegiatan
Pemaparan Konsep Usulan Pemindahan Ibukota di Kalimantan

Diskusi Pemindahan Ibukota, di Universitas Nasional

Launching Visi Indonesia 2033

Pendapat Para Pakar
M Jehansyah Siregar

Tata Mutasya

Yayat Supriyatna

Andrinof Chaniago

Sonny Harry B. Harmadi

Haryo Winarso

Calender
May 2019
M T W T F S S
1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31
Shoutbox
You must login to post a message.

12.07.2014
Info Lengkap Foredi Gel.

03.07.2014
Selamat Datang www.foredi.asia
Today Online
Guests Online: 1
Members Online: 0
Total Members: 1,330
Follow Us