Wednesday, 23. August 2017Login | Forgot password |
Air Bersih PR Gubernur
News

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Indonesia, Adrinof Chaniago mengatakan gubernur yang terpilih harus mampu mengatasi persoalan ketersediaan air bersih di Kalbar.

Berbicara soal ketersediaan air bersih sangat terkait dengan kondisi Sungai Kapuas. Gubernur harus punya  komitmen politik untuk mengurus sungai Kapuas.

Terutama restorasi sungai Kapuas, ujar Adrinof yang ditemui di Pontianak, kemarin. Menurut Adrinof, belum ada kandidat gubernur yang fokus untuk memperbaiki kondisi air sungai ini.

Memiliki sungai yang sangat panjang, tetapi kebanyakan orang Pontianak masih minum air hujan. “Pada saat kemarau air ledeng terasa payau. Itu menunjukkan ada yang salah dalam penyediaan air bersih di Kalbar, katanya.

Pria kelahiran Padang, Sumatera Barat, 52 tahun lalu itu menambahkan, sungai Kapuas merupakan aset masa depan Kalbar. Sungai memiliki potensi yang besar baik sebagai sumber air baku, pariwisata, transportasi, hingga berbagai kegiatan ekonomi. Tetapi potensi ini menurut Adrinof kerap diabaikan.

Kalbar itu memiliki banyak sungai, jumlahnya mencapai ratusan. Tetapi kondisi sungainya semakin parah. Air semakin keruh dan pencemaran terus meningkat,” katanya.  Belajar dari berbagai negara yang juga memiliki banyak sungai seperti belanda, perancis, dan Thailand, mereka telah mampu memelihara sungainya sehingga memberikan banyak manfaat.

Penggagas visi seorang penggagas Visi Indonesia 2033 mengatakan telah memberikan berbagai masukan pada Gubernur Kalimantan Tengah Teras Narang mengenai pembangunan kota pintar tepi sungai.  Sama dengan Kalbar,

Kalteng juga memiliki banyak sungai. Konsep ini menurutnya bisa direplikasi di Kalbar. Konsep ini berupa pembangunan kota-kota kecil di tepian sungai. Kota-kota itu akan terus tumbuh tetapi dengan konsep ramah lingkungan.

“Kita bisa melihat bagaimana kota-kota di eropa yang berada di pinggir-pinggir sungai itu bisa tumbuh tetapi kondisinya sungainya bisa terjaga,” ujarnya. Di lokasi itu juga di bangun ruang publik, tempat orang santai, tempat baca, dan juga tempat ngopi di sana.

Tetapi sebelumnya harus ada perda yang mengatur pembangunan tepian sungai ini. Perda ini harus mengandung sejumlah aturan, misalnya soal bagaimana menjaga kebersihan sungai, badan yang bertanggungjawab mengurus sungai, dll.Perbaikan kondisi sungai Kapuas harus dimulai dari hulu.

Dari hulu-lah air sungai Kapuas berasal. Jika kondisi hutan di hulu rusak, maka akan sangat berdampak pada kondisi hilir. Artinya perbaikan kondisi sungai harus dilakukan secara menyeluruh. Hulu, tengah, hingga hilir. (her)

Comments
No Comments have been Posted.
Post Comment
Please Login to Post a Comment.
Ratings
Rating is available to Members only.

Please login or register to vote.

No Ratings have been Posted.
Menu Utama
Berita Terpilih
Isran Noor: Apkasi dukung pemindahan ibukota

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Belum Terbuka

Tingkatkan Infrastruktur di Luar Pulau Jawa

Seminar "Mewujudkn Pertumbuhan yang Berkeadilan dan Berkelanjutan"

Partai Jangan Jadi Persewaan Mobil

Atasi Kesenjangan Pendapatan, Pemerintah Dorong Pertanian, Industri

Cagub yang Kalah Harus Legowo

Air Bersih PR Gubernur

Kanal Banjir Timur, 2,7 Juta Warga Jakarta Terhindar Banjir

Jokowi Berpeluang ke DKI ‘Naik’ Esemka

Kegiatan
Pemaparan Konsep Usulan Pemindahan Ibukota di Kalimantan

Diskusi Pemindahan Ibukota, di Universitas Nasional

Launching Visi Indonesia 2033

Pendapat Para Pakar
M Jehansyah Siregar

Tata Mutasya

Yayat Supriyatna

Andrinof Chaniago

Sonny Harry B. Harmadi

Haryo Winarso

Calender
August 2017
M T W T F S S
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31
Shoutbox
You must login to post a message.

12.07.2014
Info Lengkap Foredi Gel.

03.07.2014
Selamat Datang www.foredi.asia
Today Online
Guests Online: 1
Members Online: 0
Total Members: 1,330
Follow Us