Saturday, 20. April 2019Login | Forgot password |
Strategi Menuju Indonesia Baru 2033
Oleh: Tim Visi Indonesia 2033

Sekali lagi, dan sedapat mungkin berulang-ulang diingat bahwa, untuk mencapai tujuan jangka panjang dalam berbangsa dan bernegara, semua dokumen kebijakan kita harus memiliki kerangka berpikir yang jelas dan logis dalam menggambarkan perkiraan situasi dan pilihan-pilihan tindakan serta memperlihatkan pengakuan atas kompleksitas hubungan antarkelompok sosial, antarwilayah, antarbidang isu dan antara waktu saat ini dan akan datang.

Oleh karena itu, pendekatan dan tindakan sadar maupun tidak sadar, dalam kerja mencapai tujuan jangka panjang yang berorientasi, atau membuat orang terjebak pada tujuan parsial, sektoral, eksklusifitas kelompok dan kawasan, dan tujuan jangka pendek adalah salah satu musuh yang harus disingkirkan. Berpijak dari kondisi saat ini, yang merupakan warisan cara kerja puluhan tahun, pekerjaan menata – sekali lagi, menata – harus dilihat sama pentingnya dengan pekerjaan menambah dan menumbuhkan. Kita harus menata relasi-relasi antarkelompok sosial, jejaring antarwilayah dan antarkota, termasuk antara desa dan kota, antarsektor, antara bangunan bawah dan bangunan atas kelembagaan berbangsa dan bernegara, dan berbagai bentuk-bentuk relasi lainnya. Sebab, menambah atau menumbuhkan dalam bangunan-bangunan relasi yang rapuh sangatlah berisiko membawa bangsa dan negara kepada guncangan besar seperti yang sudah pernah kita alami pada tahun 1997-1998.

 

Visi Indonesia 2033 Menjadi yang Terbaik

Sumber: berita8.com 28 Oktober 2010

Ketua Koordinator Visi Indonesia 2033 Andrinof A Chaniago mengatakan, visi 2033 merupakan gagasan pembangunan jangka panjang dengan target pada 2033 akan mewujudkan Indonesia yang sejahtera, kemakmuran yang tersebar dan keadilan yang merata.

Ia mengatakan, beberapa rekomendasi dan gagasan yang mampu mendorong wujud visi 2033 adalah dengan pemindahan ibukota ke Kalimantan. "Usulan ini bukan usulan yang reaktif, tapi kami pertimbangkan konsekuensi ekonominya, konsekuensi politiknya dan dampak sosialnya," katanya.

Warga Jakarta Pilih Jalan Kaki
Sumber: Kompas.com

Hampir semua wilayah di Jakarta, Senin (25/10/2010) malam, mengalami kemacetan karena diguyur hujan deras. Akibatnya, para penumpang kendaraan umum terpaksa berjalan kaki lantaran waktu tempuh yang sangat lama.

"Saya lagi jalan, tadi naik bus tapi percuma saja, dekat Bank CIMB Niaga Panglima Polim sudah stuck, mobil enggak bisa jalan. Sampai jalan-jalan kecil yang rute bajaj arah Blok M stuck macet total," ujar Medya, salah satu warga Jakarta, kepada Tribunnews.com, Senin (25/10/2010).

Fokus Empat Ancaman Membuat Jakarta Tidak Modern

Sumber: Vivanews.com 24 Oktober 2010

Malapetaka buat Jakarta akan datang lebih cepat bila tidak segera diantisipasi dan ditangani. Kemacetan total dan ancaman tenggelam sudah makin nyata.

Masyarakat mungkin sudah telalu bosan memperbincangkan solusi kemacetan maupun banjir kiriman, dan kini genangan air juga tidak kalah membuat banyak orang berteriak karena dampaknya.

Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan: Lorong Keluar dari Berbagai Paradoks Pembangunan, Menuju Indonesia yang Tertata
Oleh: Team Visi Indonesia 2033

Secara keseluruhan, usulan pemindahan Ibu Kota oleh Tim Visi Indonesia 2033 sejak tahun 2008 lebih didasarkan pada kepentingan bangsa Indonesia di masa depan, seperti halnya Presiden Soekarno merencanakan pemindahan Ibu Kota tahun 1957. Melihat perkembangan tiga puluh tahun terakhir, termasuk rendahnya kualitas kebijakan dan implementasi kebijakan strategis dalam pengelolaan pembangunan nasional, usulan yang kami kemukakan sejak tahun 2008 ini berangkat dari pertimbangan yang kompleks dengan memperhatikan faktor-faktor penyebab (underlying causesdan faktor-faktor penggerak secara utuh.

Menu Utama
Berita Terpilih
Isran Noor: Apkasi dukung pemindahan ibukota

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Belum Terbuka

Tingkatkan Infrastruktur di Luar Pulau Jawa

Seminar "Mewujudkn Pertumbuhan yang Berkeadilan dan Berkelanjutan"

Partai Jangan Jadi Persewaan Mobil

Atasi Kesenjangan Pendapatan, Pemerintah Dorong Pertanian, Industri

Cagub yang Kalah Harus Legowo

Air Bersih PR Gubernur

Kanal Banjir Timur, 2,7 Juta Warga Jakarta Terhindar Banjir

Jokowi Berpeluang ke DKI ‘Naik’ Esemka

Kegiatan
Pemaparan Konsep Usulan Pemindahan Ibukota di Kalimantan

Diskusi Pemindahan Ibukota, di Universitas Nasional

Launching Visi Indonesia 2033

Pendapat Para Pakar
M Jehansyah Siregar

Tata Mutasya

Yayat Supriyatna

Andrinof Chaniago

Sonny Harry B. Harmadi

Haryo Winarso

Calender
April 2019
M T W T F S S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30
Shoutbox
You must login to post a message.

12.07.2014
Info Lengkap Foredi Gel.

03.07.2014
Selamat Datang www.foredi.asia
Today Online
Guests Online: 1
Members Online: 0
Total Members: 1,330
Follow Us